Stepanus Usaha Dagang dan Kebun Sawit Matheus Candra Dawi Usaha Kebun Sawit MENJANGKAU ANGGOTA MELALUI SMS-TIPO Regina Ima Usaha Warung, Bengkel, dan Sedot Pasir Sudarman Usaha Kebun Lada dan Sembako
 
Kantor Cabang Erna
Kode KC : 10
Alamat : Jln. Lintang Pelaman - Erna Dusun Kayu Tunu Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas Kab.Sanggau
Telp : 081345091706
INFORMASI KC Erna
SEJARAH KC
Tempat Pelayanan CU Lantang Tipo TP Erna berasal dari pemekaran TP Sanggau, dimana anggota banyak yang dimutasi dari TP Sanggau karena anggota yang berasal dari wilayah Erna yang ingiin bergabung ke CU Lantang Tipo harus ke Sanggau untuk mendaftar dan mengikuti pendidikan dasar. Melihat minat masyarakat yang semakin antusias bergabung dengan CU Lantang Tipo maka oleh pak Dura , Ambrosius Mardi dan Gregorius Yus mengkoordinir masyarakat dilingkungan PT Erna Djuliawati Plymeill dan sekitarnya untuk mengikuti pendidikan dasar. Melalui staf TP Sanggau saat itu Antonius (Manager TP), Urbanus Dewa Rian, Yohana Acik dan dibantu pengurus diminta untuk melakukan pendidikan dasar di TP Sanggau. Dengan semakin banyaknya anggota dari Erna dan sekitarnya dan untuk mempermudah pelayanan kepada anggota maka pak Ambrosius Mardi dan Dura mengajukan permohonan kepada pengurus untuk membuka Tempat Pelayanan di Erna. Permohonan itu ditanggapi oleh pengurus, melalui pak Stephanus Godang (Ketua), Markus Sari Masuka, S.Pd., (Sekretaris) Marselus Sunardi, A. Md. (Bendahara), Tarsisius, S.E., (General Manager), Fransiskus Kadarusno, Sp. (calon koordinator TP Erna) Ambrosius Mardi (anggota) dan Dura (anggota) seta di fasilitasi oleh Pastor Bartolomius Tolo, Pr menghadap pimpinan perusahaan PT. Erna Djuliawati Plymill untuk mengajukan permohonan disediakannya kantor tempat pelayanan dan mes karyawan guna ditempati staf CU Lantang Tipo TP Erna. Pihak perusahaandi diwakili oleh pak Andi Biarto, pak Niko dan pak Cosmas dalam pertemuan tersebut menerima dengan sangat antusias, sehingga CU Lantang Tipo TP Erna mulai operasional pada tanggal 23 Maret 2005. Sekarang CU Lantang Tipo TP Erna sudah memiliki kantor sendiri yang permanen beralamat di Jalan Pelaman KM 1, Erna, Desa Sungai Muntik, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.
Wilayah kerja CULT TP Erna meliputi 2 kecamatan yaitu Kecamatan Kapuas dan Meliau. Rencanan kedepan bahwa ada pemekaran kecamatan Kapuas dan dibentuk kecamatan Kapuas Selatan yang berpusat di Erna. Desa di kecamatan Kapuas selatan terdiri dari 10 Desa.
Wilayah Erna atau jika teralisasi menjadi kecamatan Kapuas Selatan memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah terdiri dari hasil kebun, kayu dan tambang. Sumber penghasilan masyarakat diwilayah TP Erna terdiri dari hasil karet, perkebunan kelapa sawit. Produksi kayu hanya perusahaan PT Erna Djuliawati Plymill di pasok bahan baku kayu dari luar wilayah Erna, sedangkan pada HPH PT Erna sendiri yang berada di kecamatan Kapuas dan Meliau masih dalam proses pemeliharaan dan penanaman. Hasil karet dijual kepedagang di Erna, Sanggau dan Sekadau. Perkebunan kelapa sawit milik PTPN XIII, PT Pulau Tiga Lestari Jaya dan PT CUT. Saat ini sedang dilakukan survey tambang Bauksit kecamatan Meliau tetapi masuk pada wilayah kerja TP Erna.
Penduduk kecamatan Kapuas Selatan yang terdiri dari 10 Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 26.885 jiwa berdasarkan data per September 2012 terdiri bermacam etnis. Penduduk di Desa Sungai Muntik sebanyak 12.403 jiwa terbanyak adalah yang berada di komplek perusahaan PT Erna. Banyak penduduk yang berpindah menjadi penduduk Desa Sungai Muntik karena bekerja sudah lama di PT Erna. Jika mereka berhenti sebagai perusahaan PT Erna maka mereka akan pindah dari Erna ke tempat asal seperti pulang ke Jawa dan keluar kabupaten Sanggau. Dilihat dari jumlah penduduk kecamatan Kapuas Selatan yang menjadi anggota CU Lantang Tipo TP Erna per 31 Januari 2014 sebanyak 1.747 orang atau 6,50%. Jika kecamatan Kapuas Selatan terwujud diharapkan juga CU Lantang Tipo TP Erna bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Rencana PLN juga akan masuk ke Erna sampai dusun Engkalet melewati dusun Lintang Kapuas sehingga CU Lantang Tipo kedepannya juga bisa dialiri oleh Perusahaan Listrik Negara.
Secara geografis wilayah Erna tidak besar. Hanya karena PT Erna masih beroperasi pabriknya sehingga Erna masyarakat dan perekonomian masih tumbuh dan berkembang. Bisa dibayangkan kalau perusahaan PT Erna Djuliawati Plymill tutup dan tidak beroperasi maka bisa dipastikan bahwa karywan akan pulang ke tempat asalnya dan pedagang juga sepi pembeli. Kita berharap bahwa perusahaan PT Erna masih ada dan kecamatan Kapuas Selatan bisa terwujud sehingga CU Lantang Tipo juga bisa tetap eksis di Erna. Walaupun wilayah Erna sangat kecil tetapi lembaga keuangan yang ada di wilayah Erna cukup banyak. Bank yang sudah membuka pelayanan ATM adalah Bank Mandiri cabang Sanggau, yang melayani pembayaran gaji langsung kepada karyawan harian adalah Bank BNI cabang Sanggau. Nantinya karyawan akan menerima gaji melewati ATM Mandiri. Wilayah Erna juga menjadi rebutan CU-CU. Sudah ada 7 CU yang beroperasi Erna yaitu: CU Kusapa, CU Lantang Tipo, CU Semarong, CU Banuri Harapan Kita, CU Sumber Berkat, CU Semandang Jaya dan diluar Erna masih ada CU Keling Kumang dan CU Nyai Anta. Secara aset dan keanggotaan CU Lantang Tipo masih terbesar di Erna.

Profil KC
Karyawan
Copyright 2011 By Culantangtipo.com. All Rights Reserved.
Contact Us : info@culantangtipo.com