Stepanus – Usaha Dagang dan Kebun Sawit Matheus Candra Dawi – Usaha Kebun Sawit MENJANGKAU ANGGOTA MELALUI SMS-TIPO Regina Ima – Usaha Warung, Bengkel, dan Sedot Pasir Sudarman – Usaha Kebun Lada dan Sembako
 
Kantor Cabang Utama
Kode KC : 1
Alamat : Jln. Pancasila No. 4 Pusat Damai 78561,
Kec. Parindu, Kab. Sanggau
Telp : (0564) 23021
INFORMASI KC Utama
SEJARAH KC
Sejarah berdirinya berawal dari kelompok arisan yang dibentuk oleh guru yang mengabdi di Yayasan Karya di Pusat Damai. Karena dirasa kurang bisa memenuhi keperluan keluarga , maka para guru tersebut sepakat membentuk koperasi dengan mengumpulkan uang secara bersama-sama dan dipinjamkan kepada anggotanya. Pada saat yang sama datang propaganda CU dari Jakarta yang dibawa Robby Tulus, A.C. Lunandi, Suharto Nazir dan Sukartono. Dengan difasilitasi Delegasi Sosial Keuskupan Pontianak (sekarang KOMSOS) KA Pontianak yang diketuai P.Pius Camperlle OFM.Cap, diadakan pendidikan dasar CU di Sanggau pada tanggal 24-28 Agustus 1975. Kursus ini diikuti peserta dari daerah Pusat Damai, Batang Tarang, Jemongko, Sanggau dan Jangkang. Setelah kembali dari kursus, lima orang utusan dari Pusat Damai yaitu : Bas Kasan, BA, St. Atjin, D.Djiwa, Sr. Aloysia dan Dael Pongkuk mengadakan pertemuan dengan guru-guru untuk mempromosikan CU sekaligus meminta dukungan untuk membentuk CU. Untuk memperkuat dasar keanggotaan, kelima pionir ini memberikan pendidikan dasar yang diadakan pada tanggal 2 Februari 1976 di SD Subsidi Pusat Damai, sehingga tanggal 2 Februari 1976 ditetapkan sebagai hari berdirinya CU Lantang Tipo.
Seiring perkembangan organisasi CU Lantang Tipo dengan kapasitas usaha yang cukup besar maka CU Lantang Tipo memandang perlu untuk bergerak dinamis dengan menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut. Sehingga tahun 2009 tepatnya setelah peresmian Kantor Pusat, mulai ada pembagian kewenangan antara Kantor Pusat dan TP Utama. Sejak Tahun 2009 TP Utama yang semula masih di sebut Kantor Pusat mulai beroperasi sebagai TP atau Tempat Pelayanan.
Wilayah kerja CU Lantang Tipo TP Utama adalah kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau dangan luas 593,90 KM². Terdiri dari 14 Desa dan 43 Dusun, wilayah utara berbatasan dengan Kecamatan Bonti, sebelah selatan dengan kecamatan Tayan Hilir, sebelah Timur dengan Kecamatan Kapuas dan sebelah Barat dangan Kecamatan Tayan Hulu. Potensi sumber daya alam yang ada di Kecamatan Parindu adalah hasil perkebunan kelapa sawit dan karet. Jenis tanah sebagian besar wilayah adalah padsolik merah kuning batuan dan padat, cocok untuk perkebunan tanaman keras. Hampir semua wilayahnya memiliki areal perkebunan kelapa sawit dan karet, baik yang dimiliki oleh peusahaan perkebunan maupun perorangan masyarakat.
Suku Dayak merupakan suku mayoritas yang mendiami wilayah Kecamatan Parindu, yang terdiri dari sub suku Dayak Hibun, Pandu, Dosan, dan Kodant. Suku Dayak berjumlah 27.287 jiwa, suku Melayu 529 jiwa, suku Tionghoa 398 jiwa, suku Jawa 2.668 jiwa, suku Batak 286 jiwa, suku Sunda 468 jiwa, suku Madura 6 jiwa, suku Bugis 4 jiwa dan suku lainnya 56 jiwa.Total penduduk berjumlah 34.111 orang. Penduduk berdasarkan jenis kelamin : laki-laki 17.287 orang, perempuan 16.824 orang (sumber : data penduduk kecamatan Parindu tahun 2014, Badan Pusat Staistik(BPS), kabupaten Sanggau). Sebagian besar penduduk kecamatan Parindu adalah Petani (kelapa sawit, karet, padi dan sayuran), karyawan dan buruh diperkebunan kelapa sawit (PTPN13, PT SIA dan PT MAS), pedagang dan Pegawai Negeri Sipil di Instansi Pemerintah. Jika dibandingkan antara jumlah penduduk dengan jumlah yang telah menjadi anggota CU Lantang Tipo maka penetrasi keanggotaan sebesar 36,20%.
Lembaga keuangan yang pertama melayani masyarakat diwilayah Kecamatan Perindu adalah CU Lantang Tipo, yaitu sejak 2 Februari 1976. Untuk saat ini lembaga keuangan yang beroperasi di Kecamatan Parindu ada dua jenis, yaitu koperasi dan bank. Koperasi dibagi 2 jenis yaitu: KUD ada 5 dan Credit Union ada 5, bank yang beroperasi dikecamatan Parindu ada 2.

Profil KC
Karyawan
Copyright 2011 By Culantangtipo.com. All Rights Reserved.
Contact Us : info@culantangtipo.com