JELANG RAT CU LANTANG TIPO TB 2019 MENYADARI AKAN PENTINGNYA MEMENUHI KEWAJIBAN SEBAGAI ANGGOTA CREDIT UNION MENYADARI AKAN PENTINGNYA MEMENUHI KEWAJIBAN SEBAGAI ANGGOTA CREDIT UNION CU Lantang Tipo KC Meliau Tingkatkan Pelayanan dengan Anggota LOGO BARU CU LANTANG TIPO
 
Kantor Cabang Nanga Tayap
Kode KC : 43
Alamat : Jalan Ahmad Yani, Dusun Nanga Tayap, Kec. Nanga Tayap, Kab. Ketapang
Telp : 085387754211
INFORMASI KC Nanga Tayap
SEJARAH KC
Dengan semakin banyaknya pihak/masyarakat yang menantikan kehadiran CU Lantang Tipo dibeberapa wilayah sehingga pengurus dalam program kerjanya melakukan exspansi untuk membuka Tempat Pelayanan dibeberapa wilayah yang berdasarkan survei yang dilakukan sangat memiliki prospek untuk membuka Tempat Pelayanan. Salah satu wilayah yang masuk dalam program kerja pengurus untuk membuka Tempat Pelayanan adalah Kecamatan Nanga Tayap, hal ini didasari dari beberapa TP yang sudah dibuka seperti TP Balai Berkuak dan TP Sandai yang dimana cukup tinggi minat masyarakat untuk memilih CU Lantang Tipo.
Berdasarkan pertimbangan diatas dan atas campur Tangan Tuhan Yang Maha Esa serta sambutan yang sangat baik dari pihak Paroki dengan mempersilakan CU Lantang Tipo menggunakan bangunan milik paroki sebagai Tempat Pelayanan, maka pada tanggal 10 Oktober 2011 pengurus memutuskan untuk membuka Tempat Pelayanan Nanga Tayap dan merupakan Tempat Pelayanan yang ke-43 dari 49 TP yang ada saat ini.
Memasuki tahun 2012 TP Nanga Tayap dalam perkembangannya sudah banyak dibantu oleh beberapa kolektor yang cukup aktif dalam mempromosikan CU Lantang Tipo ke berbagai kalangan masyarakat sehingga membuat perkembangan cukup bagus. Pada akhir tahun 2012 anggota CU Lantang Tipo TP Nanga Tayap berjumlah 926 orang. Perkembangan yang baik ini menjadikan TP Nanga Tayap pada RAT 2012 mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya :Tempat Pelayanan dengan KL Terendah, Anggota Non Aktif Terendah dan Jumlah anggota Masuk Terbanyak, serta Kolektor berprestasi yang diperoleh oleh wilayah Siantau dengan kolektor Bapak Suparno.
Tahun 2014 TP Nanga Tayap memasuki tahun ke-3 dalam operasionalnya, dalam dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun telah terjadi tiga kali pergantian Manager TP. Manager TP yang pertama adalah Sdr Fabianus Anus Lili, masa tugas mulai pembentukan TP Nanga Tayap hingga Maret 2013, diganti Sdr Agustinus dengan masa tugas sampai September 2013 dan diganti oleh Sdr Sakur, S.E sampai sekarang. Kehadiraan CU Lantang Tipo di Kecamatan Nanga Tayap dirasakan sangat membantu masyarakat hal ini bisa dilihat dengan semakin berkembangnya atau bertambahnya minat masyarakat untuk menjadi anggota, dan tentu lebih dari itu harapan kami semoga apa yang menjadi Visi dan Misi CU Lantang Tipo dapat terwujud bagi para anggota di TP Nanga Tayap.
Wilayah kerja TP Nanga Tayap meliputi 5 Kecamatan diantaranya : Kecamatan Nanaga Tayap, Kecamatan Sandai, Kecamatan Tumbang Titi, Kecamatan Sungai Melayu dan Kecamatan Pebihingan. Dari 5 Kecamatan tersebut TP Nanga Tayap masih fokus mencari anggota di Wilayah Kecamatan Nanga Tayap yang terdiri dari 18 Desa dan 66 Dusun dengan jumlah penduduk sebanyak 28.161 jiwa, adapun anggota yang masuk diluar wilayah Kecamatan Nanga Tayap kebanyakan masyarakat yang tinggal diperbatasan antar Kecamatan dengan pertimbangan akses ke Kecamatan Nanga Tayap lebih mudah.
Kecamatan Nanga Tayap merupakan Kecamatan yang masih memiliki banyak sumber daya alam hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya hutan rimba, menurut informasi dari pihak Pemerintah Kecamatan bahwa dibeberapa wilayah juga terdapat tambang seperti bouksit, Emas dll. Pada periode lima tahun belakangan ini banyak perusahaan perkebunan sawit yang masuk sehingga mayoritas sumber pendapatan dari perkebunan sawit, baik sebagai karyawan perusahaan maupun kebun sawit milik sendiri.
Berdasarkan Data Statistik Penduduk yang ada di Kecamatan Nanga Tayap Tahun 2013, jumlah penduduk di Kecamaan Nanga Tayap ini sebanyak 28.161 jiwa terdiri dari laki-laki sebayak 13.983 jiwa dan perempuan sebanyak 14.178 jiwa. Penduduk dengan jumlah yang demikian itu tersebar di 18 Desa yang terdiri dari 66 Dusun. Penyebaran anggota CULT TP Nanga Tayap disetip Desa maupun Dusun belum merata. Artinya, masih banyak masyarakat di Desa, Dusun atau Kampung yang belum menjadi anggota CULT. Penetrasi keanggotaan CU Lantang Tipo TP Nanga Tayap baru sekitar 7,12% dari total penduduk kecamatan Nanga Tayap.
Lembaga keuangan yang ada di Kecamatan Nanga Tayap terdiri dari Bank dan CU, adapun bank yang sudah beroperasi di Kecamatan Nanga Tayap yaitu Bank BRI sedangkan CU selain CU Lantang Tipo ada empat CU lainnya yaitu CU Canaga Antun, CU Pancur Solidaritas dan CU Semandang Jaya, beberapa lembaga keuangan diatas sudah terlebih dahulu beroperasi di Kecamatan Nanga Tayap dan berdasarkan informasi yang saya peroleh sewaktu kunjungan khususnya dibeberapa CU ternyata CU Lantang Tipo menjadi pilihan utama masyarkat Kecamatan Nanga Tayap.

Profil KC
Copyright 2011 By Culantangtipo.com. All Rights Reserved.
Contact Us : info@culantangtipo.com