html web templates

Menyikapi Pandemi dan Menyiapkan Keuangan Yang Sehat melalui CU Lantang Tipo

Pendemi Covid-19 turut menyita perhatian masyarakat dan dunia. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kegiatan bisnis dan perekonomian menjadi lesu. Tidak hanya itu, banyak para pekerja yang terpaksa harus dirumahkan untuk mengurangi penyebaran covid-19. Dengan berkurangnya aktivitas masyarakat maka pendapatan yang diperoleh juga menurun.
Mengelola keuangan saat pandemi seperti sekarang menjadi tantangan bagi masyarakat karena membutuhkan cara yang berbeda dari yang biasa dilakukan. Melakukan langkah kecil seperti menabung dan investasi menjadi cara yang dapat dilakukan untuk menyiapkan rencana keuangan sampai pandemi berakhir.
Pada situasi yang sama masyarakat juga seharusnya dapat lebih berhemat karena aktivitas di luar rumah seperti berbelanja menjadi berkurang. Oleh karena itu, masyarakat dapat menyisihkan sedikit dari sisa belanja kebutuhan mereka untuk di tabung. Masyarakat juga semestinya mempercayakan lembaga keuangan seperti Credit Union (CU) atau Bank sebagai tempat menyimpan uangnya. Sementara itu, masyarakat juga disarankan untuk tidak menarik uangnya secara berlebihan dari lembaga keuangan guna meminimalisir pengeluaran yang berlebihan seperti berbelanja di luar kebutuhan. Namun muncul pertanyaan di masyarakat, masih amankah menyimpan uang di lembaga keuangan seperti CU atau Bank dalam masa pandemi saat ini?
Untuk CU Lantang Tipo, laporan keuangannya selalu diawasi oleh tim auditor internal maupun eksternal, dan dilaporkan pada kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Oleh karena itu, CU Lantang Tipo berani menjamin bahwa uang anggota yang disimpan di CU Lantang Tipo tetap aman dan menjadi tanggungjawab CU Lantang Tipo meskipun di tengah pandemi sekarang ini.
Meskipun masih dalam pandemi covid-19, dan disarankan untuk tetap tinggal di rumah, namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan aktivitas. Alangkah baiknya untuk tetap melakukan aktivitas dari rumah agar tetap memperoleh penghasilan. Bagi anggota CU Lantang Tipo yang mayoritas pekerjaannya adalah petani, dapat memanfaatkan waktu untuk berkebun maupun beternak. Bagi karyawan swasta ataupun pegawai negeri juga dapat memanfaatkan waktu untuk mengasah kreatifitas yang dapat menghasilkan nilai jual. Tentunya harus tetap menerapkan protokol kesehatan.
Baru-baru ini Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk menerapkan pola hidup baru atau new normal. New Normal adalah tatanan, kebiasaan, dan perubahan perilaku cara beradaptasi untuk tetap menjalankan aktivitas secara normal kembali. Perubahan tersebut harus tetap memberlakukan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan covid-19.
Apabila aktivitas sudah kembali normal, maka pendapatan juga akan membaik. Dengan begitu masyarakat tetap memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan serta kewajban mereka. Konsisten dalam menabung dan konsisten dalam membayar pinjaman untuk menciptakan keuangan yang sehat dalam keluarga.
Ada pernyataan “Uang bukan segalanya”. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ekonomi menjadi salah satu faktor penentu kesehatan dalam keluarga. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan munculnya new normal. Makin baik kondisi keuangan di sebuah keluarga, makin baik pula tingkat kesehatan mereka. Tidak hanya kesehatan, ekonomi yang baik juga dapat berdampak baik pada kualitas hidup keluarga secara menyeluruh.
Keuangan keluarga yang sehat dapat menciptakan kesehatan yang lebih baik, keluarga yang harmonis, pendidikan anak terjamin, serta tinggal pada lingkungan yang kondusif. Oleh karena itu, biasakan diri menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan dan tabungan. Namun bukan berati tidak boleh menggunakan uang tersebut untuk menyenangkan diri dan keluarga, asalkan tidak berlebihan.
Cukup banyak keluarga yang hanya mencari uang dan menggunakan uang tersebut untuk ditabung dan investasi. Akan tetapi mereka lupa untuk menyenangkan diri dan keluarga menggunakan uang tersebut. Hal tersebut juga akan menjadi tidak sehat untuk keharmonisan dalam keluarga. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam mengelola uang. Pilihlah lembaga yang tepercaya untuk menyimpan dan meminjam uang. Salah satunya adalah CU Lantang Tipo. 
Ada beberapa alasan mengapa harus menjadi anggota dan menyimpan uang di CU, salah satunya adalah CU Lantang Tipo. CU Lantang Tipo yang berdiri sejak 1976 telah memiliki anggota mencapai 204.342 orang per Mei 2020. Hal tersebut membuktikan bahwa CU Lantang Tipo masih dipercaya oleh masyarakat sampai saat ini. CU Lantang Tipo menjadi besar juga dikarenakan anggota dan pengelolanya yang saling mendukung dan berkontribusi dalam mengembangkan lembaga.
Anggota CU juga harus menyimpan dengan niat yang baik, dan jika meminjam, dia mesti mengembalikan pinjamannya tepat waktu sesuai kesepakatan.
Semangat dasar Credit Union adalah saya menolong kamu, dan kamu menolong saya atau biasanya dikenal dengan people helping people. Maksudnya adalah jika kita ingin dibantu, maka kita harus membantu orang terlebih dahulu. CU tidak memeras anggotanya karena semangat dasarnya saling membantu. Bunga simpanan juga seimbang dengan bunga pinjaman. Simpanan anggota tidak pernah berkurang, bahkan selalu bertambah setiap bulan sesuai keaktifan anggota.
Melalui CU, anggota juga diberikan pendidikan terlebih dahulu agar anggota memahami dengan baik arti menabung dan meminjam. Dengan demikian, anggota tidak salah dalam menabung dan meminjam. Pendidikan dasar CU membantu anggota agar memiliki wawasan tentang CU dan memahami dengan benar semangat dasar CU.
Oleh karena itu, Credit Union harus menjadi tempat menabung yang aman dan kredibel bagi semua orang yang ingin membantu dan dibantu. CU selalu hadir membantu para anggota yang membutuhkan. (Kr)

Alamat Kantor Pusat

Jalan Pancasila No. 04 Desa Pusat Damai
Kec. Parindu, Kab. Sanggau
Prov. Kalimantan Barat

Kontak

Telp: (0564) 24065

kopdit.culantangtipo@gmail.com

Fax: (0564) 22784

Jam Pelayanan

Senin-Jumat :
08.30-14.30 WIB

Sabtu :
08.30-13.30 WIB