Sepuluh Tahun Melayani Anggota

Sepuluh Tahun Melayani Anggota


Elia, seorang bapak yang menyediakan waktunya untuk CU Lantang Tipo. Perawakannya sederhana, bekacamata dan nyaman ketika diajak berbicara. Kesehariannya diisi dengan berladang, menoreh, dan berkebun cabe. Semuanya dijalani dengan bahagia.


Dia mengenal CU Lantang Tipo sejak September 2011. Sebulan setelah menjadi anggota, Elia dipercayakan oleh anggota lainnya untuk tempat menampung setoran. Sejak saat itu dia dipercayakan untuk menjadi korwil CU Lantang Tipo.


Elia berdomisili di Nanga Sarang, Desa Kayu Dujung, Semitau. Oleh sebab itu ia dipercayakan menjadi korwil di KC Semitau. Namun sejak Kantor Cabang Merakai dibuka, ia kemudian dipercayakan untuk menjadi korwil KC Merakai. “Saya menjadi korwil karena dorongan anggota dan kemauan saya sendiri demi membantu pelayanan CU Lantang Tipo” jelas Elia dalam keterangan tertulisnya. Jarak dari kampungnya yang jauh serta medan yang kurang memadai membuatnya tersentuh untuk melayani anggota di wilayah sekitar.


Tanggung jawabnya sebagai korwil ia laksanakan secara rutin setiap bulan. Mengunjungi anggota untuk menjemput setoran, ada juga yang datang langsung ke rumahnya. Elia juga turut serta membantu menyampaikan pendidikan motivasi, pendidikan dasar dan pendidikan lanjutan di beberapa kampung. Namun sejak pandemi covid-19, kegiatan pendidikan anggota tidak bisa dilaksanakan seperti biasa.


Elia merasa bahagia bisa membantu anggota. Mengenalkan CU ke masyarakat dan membantu mereka menjadi anggota CU. Beberapa anggota yang bermasalah terhadap pinjaman ia kunjungi bersama dengan staf. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mencari solusi bersama.


Ketika menangani anggota, biasanya terjadi selisih paham, namun itu semua merupakan tantangan yang harus ia hadapi. Ia harus mencari jalan tengah agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Tantangan yang ada merupakan suka duka dalam menjalani tanggung jawab sebagai korwil.


Elia melayani sekitar 400-an anggota di wilayah Desa Kayu Dujung, Desa Mungguk Gelombang, Desa Nanga Kelapan, Desa Semareh, Desa Sungai Kelik, Desa Idai, dan Desa Sebetung Paluk. Desa-desa tersebut selalu ia kunjungi setiap bulan untuk membantu anggota memenuhi kewajiban di CU Lantang Tipo.


Elia berharap semakin banyak anggota yang merasakan manfaat ber-CU. Demikian juga dengan masyarakat yang belum bergabung supaya bisa mengenal, bergabung, dan memanfaatkan produk di CU Lantang Tipo. Ia berharap CU Lantang Tipo semakin berkembang, semakin jaya dan menjadi kepercayaan anggota dan masyarakat. (Kr)



Alamat Kantor Pusat

Jalan Pancasila No. 04 Desa Pusat Damai (78561)
Kec. Parindu, Kab. Sanggau
Prov. Kalimantan Barat

Kontak

Telp: (0564) 24065
kopdit.culantangtipo@gmail.com
Fax: (0564) 22784

Jam Pelayanan

Senin-Jumat :
08.00-15.30 WIB

Sabtu :
08.00-13.30 WIB