Menghargai Hal Kecil untuk Kepercayaan yang Besar

Menghargai Hal Kecil untuk Kepercayaan yang Besar


Nama saya Tion. Saya bergabung menjadi anggota CU Lantang Tipo sejak tahun 2004. Begitu banyak sukacita yang saya rasakan setelah bergabung menjadi anggota CU Lantang Tipo.


Awal bergabung, saya hanya membawa uang 20-30 ribu rupiah saja untuk ditabung. Teman-teman sedikit ragu apakah saya bisa hidup dengan jumlah sebesar itu. Setiap bulan saya datang ke CU Lantang Tipo di Meliau. Meskipun tidak besar, namun saya yakin dari nilai yang kecil bisa menolong untuk mencukupi kebutuhan hidup diwaktu yang akan datang.


Saya berasal dari Pusat Damai. Tuntutan pekerjaan membuat saya menetap di Meliau pada tahun 1990. Saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan sawit di Meliau, hingga akhirnya menemukan pasangan hidup di Meliau. Kami sesama perantau. Istri saya berasal dari Belitang, Kabupaten Sekadau.

Saat ini kami telah dikaruniai dua orang anak. Putri kami sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi swasta di Pontianak. Sementara adiknya yang putra baru masuk SMK di Pontianak.

Gaji setiap bulan saya sisihkan untuk memenuhi kewajiban di CU Lantang Tipo. Selain simpanan dan angsuran kredit, dana pendidikan anak juga saya perhatikan. Selebihnya saya gunakan untuk mencukupi kebutuhan kami sekeluarga.


Melalui CU Lantang Tipo, saya dapat menyekolahkan anak saya. Saya berterima kasih kepada CU Lantang Tipo yang telah memberikan pandangan kepada kami untuk menyiapkan pendidikan anak. Saya sempat terpikir, jika tidak bergabung di CU Lantang Tipo, mungkin saya sulit mengatur keuangan. Syukurnya saya sudah bergabung sehingga mendapat pandangan untuk mengatur keuangan keluarga.

Kebetulan saya bekerja di perusahaan sawit. Saya terpikir untuk berinvestasi dengan membeli bibit sawit. Awalnya saya kredit sebesar satu juta rupiah untuk membeli bibit sawit. Pada waktu itu harganya masih cukup murah jika dibandingkan dengan sekarang. Mungkin sekitar dua ribu rupiah per bibit. Jika sekarang sudah mencapai 20-30an ribu rupiah per bibit.


Selain diberikan pandangan untuk mengelola keuangan keluarga, sebagai anggota saya diberi kepercayaan untuk meminjam. Dalam meminjam juga harus didiskusikan bersama dengan pasangan. Syukurnya istri saya juga mendukung. Pinjaman yang kami ajukan selalu sesuai dengan kemampuan dalam membayar.

Puji Tuhan melalui persiapan tersebut kini saya dapat memperoleh tambahan pendapatan. Saya dapat membeli tanah dan membangun rumah, semuanya berkat CU Lantang Tipo.


Teman-teman saya juga kadang iseng bertanya. Mereka ingin mengetahui tentang bagaimana saya mengelola keuangan. Bisa membangun rumah, menyekolahkan anak, mempunyai kebun dan membeli kendaraan. Jawaban saya hanya satu yaitu CU Lantang Tipo.


Saya mengatakan kepada mereka, jika kita bersungguh-sungguh menjadi anggota CU Lantang Tipo, apa yang kita butuhkan bisa terwujud. Kuncinya harus aktif sebagai anggota. Patuh dengan kewajiban sebagai anggota, yaitu simpan, pinjam, dan bayar angsuran tepat waktu dan tepat jumlah.


Sebagai ucapan terima kasih kepada CU Lantang Tipo, nama jalan yang menuju ke rumah saya namai “Jalan Tipo”. Jadi jika orang bertanya alamat saya, maka saya menyebutkan nama jalannya “Jalan Tipo”.

Saya berharap semakin banyak masyarakat yang dapat bergabung menjadi anggota. Begitu juga dengan CU Lantang Tipo agar selalu hadir dan memperhatikan kebutuhan anggotanya secara berkelanjutan. (Kr)


Alamat Kantor Pusat

Jalan Pancasila No. 04 Desa Pusat Damai
Kec. Parindu, Kab. Sanggau
Prov. Kalimantan Barat

Kontak

Telp: (0564) 24065
kopdit.culantangtipo@gmail.com
Fax: (0564) 22784

Jam Pelayanan

Senin-Jumat :
08.30-14.30 WIB

Sabtu :
08.30-13.30 WIB