free amp templates

SEJARAH SINGKAT CU LANTANG TIPO

Berdirinya CU Lantang Tipo berawal dari toko bersama yang dibentuk oleh guru-guru yang mengabdi pada persekolahan Katolik Paroki Pusat Damai (saat ini menjadi Badan Karya). Toko bersama tersebut dirasa kurang mampu memenuhi kebutuhan keluarga yang lebih luas, maka mereka sepakat membentuk Credit Union. Bersamaan dengan mulai diperkenalkan gerakan Credit Union di Kalimantan Barat oleh team dari Jakarta yaitu Robby Tulus, A.C. Lunandi, Suharto Nazir, Teodorus Trisna Ansarli dan Sukartono.Team pengenalan Credit Union ini difasilitasi oleh Delegasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak (sekarang KOMSOS Keuskupan Agung Pontianak) yang diketuai oleh P. Pius Camperlle OFM.Cap. Team mengadakan kursus pendidikan dasar Credit Union di Paroki Sanggau pada tanggal 24-28 Agustus 1975. Kursus ini diikuti peserta dari beberapa Paroki, antara lain dari Pusat Damai, Batang Tarang, Jemongko, Sanggau dan Jangkang. Masing-masing paroki mengutus lima orang sebagai peserta kursus. Lima orang utusan dari Paroki Pusat Damai, yaitu: Bapak Bas Kasan, BA (†), Bapak St. Atjin (†), Bapak D. Djiwa (†), Bapak F. Dael Pongkuk (†) dan Sr. Aloysia. Setelah mengikuti pendidikan dasar, mereka mengadakan pertemuan dengan guru-guru di Pusat Damai untuk meneruskan promosi dan gagasan pembetukkan Credit Union. Gayung bersambut, peserta menyetujui gagasan pendirian Credit Union yang bermula dari arisan tadi.

Tanggal 2 Februari 1976 bertempat di SD Subsidi Kampung Pusat Damai, para pendiri yang berjumlah 32 orang sepakat mendirikan Credit Union. Lantang Tipo dipilih sebagai nama CU yang baru didirikan. Nama Lantang Tipo diambil dari bahasa daerah setempat, yaitu bahasa Dayak Hibun dan Dayak Pandu di wilayah Kecamatan Parindu. Lantang berarti tunas; bakal tumbuh sedangkan tipo adalah nama salah satu tumbuhan hutan khas wilayah ini. Tumbuhan tipo termasuk rumpun tanaman lengkuas, biasanya tumbuh berumpun di dalam hutan. Filosofi dari nama Lantang Tipo adalah semangat untuk bertumbuh bersama dalam suatu keharmonisan menuju kehidupan yang lebih baik. Pada hari itu juga para peserta rapat pendirian CU Lantang Tipo dengan dibimbing oleh Pastor Ewald Beck, OFM.Cap menetapkan Pengurus dan Pengawas serta nilai nominal satu saham sebesar Rp 250,00. Terpilih sebagai ketua CU Lantang Tipo pertama adalah Bapak Bass Kasan, BA (1976-1977, 1982-1987). Wilayah Paroki Pusat Damai ditetapkan sebagai wilayah kerja Koperasi Kredit CU Lantang Tipo.

Sejak saat itu Koperasi Kredit CU Lantang Tipo mulai beroperasi walaupun dengan pengelolaan yang sangat terbatas. Masih sangat sulit mengajak masyarakat menjadi anggota, sehingga pertumbuhan baik jumlah anggota maupun aset hampir tidak ada. Kantor pelayanan masih meminjam fasilitas paroki dengan memanfaatkan ruangan pada aula paroki. Seluruh pengelolaan dan aktivitas lembaga dilakukan oleh Pengurus secara bersama yang terdiri dari panitia kredit dan panitia pendidikan, belum ada staf khusus. Pelayanan hanya dilakukan pada hari Minggu pukul 10.00 sampai dengan 15.00 WIB. Namun demikian Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi selalu dilaksanakan tepat waktu pada setiap akhir tahun buku. Kepengurusan silih berganti, termasuk ketua Koperasi Kredit CU Lantang Tipo. Tercatat beberapa orang yang pernah menjabat sebagai ketua yaitu Bapak B. Pius Onomuo Et. (1979-1981, 1988-1993), Bapak Engelbertus Acang (1994-1999), Bapak Stephanus Godang (2000-2008 dan 2010-2011) dan Bapak Marselus Sunardi, S.Pd. (2009-2010). Badan hukum Koperasi Kredit CU Lantang Tipo juga sudah mengalami perubahan beberapa kali dari nomor 954/BH/X, tanggal 10 Februari 1981, diperbaharui dengan badan hukum nomor 90.a/BH/X/,tanggal 11 September 1995, dan terakhir 1343/BH/PAD/X, tanggal 25 Januari 2011.

Tahun 1991 Pengurus Koperasi Kredit CU Lantang Tipo mulai mengangkat staf untuk melaksanakan pelayanan sehari-hari. Masyarakat sudah mulai tertarik untuk menjadi anggota. Anggota dan aset mulai bertambah, kebutuhan akan staf juga bertambah. Tahun 1995 pelayanan dimulai di kantor baru, sebuah gedung tersendiri berukuran 12m x 12m lantai 2 terletak di Kompleks Paroki Pusat Damai Jalan Pancasila No.4. Nama CU Lantang Tipo berubah menjadi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Lantang Tipo.

Awal perkembangan dimulai tanggal 20 November 2001 dengan pendirian TP Boro (kini KC Kembayan) dan ditingkatkannya target penambahan anggota. Titik kebangkitan perkembangan Koperasi Kredit CU Lantang Tipo terbesar berawal sejak tahun Mei 2003 melalui sebuah implementasi dari Strategic Planning Credit Union yang difasilitasi oleh Drs. AR. Mecer dan Drs. Munaldus, M.A., Pengurus BK3D Kalimantan yang dilakukan di Wisma Tabor Pusat Damai. Wilayah kerja ditingkatkan menjadi provinsi Kalimantan Barat. Kantor cabang baru didirikan untuk mendekatkan pelayanan kepada para anggota dan memperluas kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi anggota. Paradigma pengembangan Credit Union berubah, visi lembaga sebagai arah jalan ke depan dipertegas, sejalan dengan misi. Koperasi Kredit CU Lantang Tipo menggeliat, aset menanjak tajam sejalan pertumbuhan anggota. Koperasi Kredit CU Lantang Tipo telah menemukan jati dirinya, menjadi Credit Union untuk semua orang, semua kalangan.

Dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada anggota dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi anggota Koperasi Kredit CU Lantang Tipo, sampai pada bulan Desember tahun 2018, Koperasi Kredit CU Lantang Tipo memiliki 51 kantor cabang tersebar di 14 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Barat. Koperasi Kredit CU Lantang Tipo terus berbenah meningkatkan layanan prima kepada para anggotanya. 

Alamat Kantor Pusat

Jalan Pancasila No. 04 Desa Pusat Damai
Kec. Parindu, Kab. Sanggau
Prov. Kalimantan Barat

Kontak

Telp: (0564) 24065

kopdit.culantangtipo@gmail.com

Fax: (0564) 22784

Jam Pelayanan

Senin-Jumat :
08.30-14.30 WIB

Sabtu :
08.30-13.30 WIB