Pelatihan CRM Bank Mandiri MASAO : SIMPANAN PERSIAPAN PERNIKAHAN Sudianto : “Kita boleh miskin, tetapi tetap Harus jujur.” Tarmiji Sugandi : ”saya merasa sangat terbantu dengan menjadi anggota ” PELATIHAN KEORGANISASIAN, TINGKATKAN KEMAMPUANKOORDINASI DAN KOMUNIKASI
 
SEJARAH
Pencetus berdirinya CU Lantang Tipo adalah guru-guru Katolik yang berdomisili di Pusat Damai Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau. Hal ini didorong oleh Koperasi Belanja Bersama para guru tersebut yang sering diadakan tidak dapat memenuhi kebutuhan para anggotanya. Selain itu kegiatannya dirasakan tidak dapat memupuk kerjasama dan membantu mengatur pengelolaan keuangan secara tepat.
Pada tahun 1975 mulai diperkenalkan Credit Union ke Kalimantan Barat oleh CUCO Indonesia (Credit Union Counselling Office) yang berpusat di Jakarta. Dimotori oleh Delsos Keuskupan Agung Pontianak yang beralamat di jalan Imam Bonjol No. 338 Pontianak di bawah pimpinan Pastor Pius Camperlle, tim kursus dasar untuk Credit Union didatangkan dari Jakarta. Salah satu daerah tujuan tim adalah Sanggau, Kalimantan Barat. Tim yang mengunjungi Sanggau dari CUCO Indonesia adalah :
  1. Drs. R.W. Robby Tulus selaku pimpinan umum kursus.
  2. A.C. Lunandi, BA sebagai tenaga pengajar utama.
  3. Trisna Ansarli sebagai aktivis CUCO.
  4. Drs. Suharto Nazir sebagai tenaga pengajar pembukuan.
  5. Sukartono, BA sebagai illustrator (membuat poster-poster bergambar yang diperlukan dalam kursus dasar tersebut).

Kursus dasar tersebut diadakan pada tanggal 24 s.d 28 Agustus 1975 di Sanggau dan diikuti oleh 32 peserta dari beberapa Paroki. Dari Paroki Pusat Damai ada 5 peserta, yaitu
  1. Bass Kasan, BA ; guru agama Katolik dan ketua rombongan.
  2. St. Atjin; Kepala SD Bersubsidi Pusat Damai.
  3. D. Djiwa; Sekretaris Paroki dan Kepala Kampung Pusat Damai.
  4. Sr. Aloysia; Wakil Kepala SD Bersubsidi Pusat Damai.
  5. P. Dael Pongkuk; guru SMP Yos Sudarso Pusat Damai.
Para peserta kursus merupakan angkatan ke-63 di Indonesia dan masing-masing peserta mendapat sertifikat dengan Nomor 63/ VIII/ 1975 yang diserahkan pimpinan kursus pada tanggal 28 Agustus 1975.
Setelah mengikuti kursus dasar ini, kelima orang utusan dari Paroki Pusat Damai segera menindaklanjuti hasil kursus dengan cara:
  1. Mengadakan pertemuan pada tanggal 12 Januari 1976 dengan guru-guru, para katekis dan tokoh masyarakat di Pusat Damai untuk tujuan mempromosikan Credit Union dan meminta dukungan untuk mendirikan Credit Union di Pusat Damai.
  2. Mengunjungi kampung-kampung yang terletak di sekitar Pusat Damai untuk mempromosikan Credit Union.
Kemudian berhasil dikumpulkan 27 orang guru untuk mengikuti kursus dasar Credit Union dan mereka bersepakat mendirikan Credit Union. Hari itu tanggal 02 Februari 1976, ke-27 orang peserta kursus bersepakat menyatakan mendirikan Credit Union dengan nama Pra Credit Union dengan pembimbing Pastor Ewald Beck yang pada saat itu sebagai Pastor Paroki Pusat Damai. Kesepakatan yang dihasilkan meliputi: Pemilihan Badan Pengurus, Penetapan Nominal Saham Sebesar Rp. 250,-/ Saham, Penetapan Bunga Pinjaman 2%/ Angsuran, Menetapkan Lantang Tipo Sebagai Nama Koperasi Kredit yang mereka dirikan, berpedoman pada prinsip dasar yang berbunyi "bukan mencari untung melainkan pelayanan yang diutamakan". Penetapan Hari Resmi Berdirinya Pada Tanggal 02 Februari 1976. Dan perkembangan selanjutnya menjadi CU Lantang Tipo.
Nama Lantang Tipo diambil dari bahasa Dayak Hibun dan Pandu (Sub suku Dayak di daerah Kecamatan Parindu). LANTANG artinya tunas, tumbuhan muda yang baru muncul sedangkan TIPO (Zingiberaceae Family) adalah nama tumbuhan hutan yang mirip lengkuas atau laos yang selalu tumbuh berumpun. Tumbuhan TIPO memiliki semangat hidup yang tinggi. Bila Tipo dipancung atau dipotong, maka akan segera muncul tunasnya kembali. Dengan demikian Lantang Tipo juga berarti semangat kebersamaan untuk terus bertumbuh, berkembang, dan ingin maju dalam segala hal kehidupan menuju kesejahteraan.
Dalam perkembangannya CU Lantang Tipo terus berbenah dan konsisten dalam menjalankan nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi. CU Lantang Tipo terbuka untuk semua golongan, semua suku, semua agama, apa pun latar belakang sosialnya, berpendidikan atau tidak bukan soal. Yang paling penting siapa saja yang memiliki itikad baik untuk bisa saling percaya dan bekerjasama, dan mau secara mandiri mengelola hidup agar hari esok lebih baik daripada hari ini.

Copyright 2011 By Culantangtipo.com. All Rights Reserved.
Contact Us : info@culantangtipo.com